SQ Farm: Jual Beli Hewan Qurban Sistem Timbang Lebih Adil

SOLO, (SuaraJateng ID) — Kebutuhan hewan qurban menjelang Idul Adha 1441 H masih tinggi.  Jual beli hewan qurban dengan sistem timbang ini bisa ditemui di peternakan SQ Farm.

Peternakan yang beralamat di Kajen, Grogol, Sukoharjo, Jawa Tengah ini menyediakan berbagai jenis domba. Diantaranya, Domba Priangan, Domba Wonosobo (Dombos), Domba Gibas, dan Domba Garut serta domba Texxel.

Rata-rata berat domba yang dijual berkisar 20 hingga 80 kg. Domba-domba tersebut dijual dengan harga yang bervariasi. Misalnya, domba bertanduk dibanderol dengan harga Rp 85.000/Kg, sementara yang tak bertanduk dijual Rp 80.000/Kg.

“Sistem timbang ini adalah sistem yang Insyallah lebih adil antara pembeli maupun penjualnya, jadi ndak kapusan (tertipu) mas”, jelas Direktur Operasional SQ Farm, Riyanto Nur Cahyo, Senin (6/7/2020) saat ditemui Warta Muslimin.

Riyan menegaskan bahwa hewan-hewan qurban SQ Farm dirawat secara intensif secara modern. Ia bahkan menjamin hewan kurban yang dijualnya layak kurban.

Hasil penjualan hewan kurban ini seluruhnya digunakan untuk pengelolaan Pesantren Tahfidzul Quran Yatim dan Dhuafa Al-Fath di Sukoharjo.

Riyan menuturkan setidaknya SQ Farm menyiapkan 200 ekor hewan kurban untuk kebutuhan umat muslim. Hingga saat ini, 43 ekor domba yang telah dipesan.

“100 persen pendapatan dari penjualan hewan kurban ini untuk men-support Pesantren Tahfidz Yatim dan Dhuafa Al-Fath”, imbuhnya.

Sebagai informasi, SQ Farm merupakan unit usaha wakaf produktif PPTQ Al-Fath. Peternakan modern ini merupakan bentuk hasil kontribusi umat Islam dalam wakaf produktif. Selain, peternakan domba, SQ Farm turut mengembangkan budidaya ikan lele, pertanian terpadu, serta unit produksi pakan bagi para peternak lainnya.[IZ]

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.