BMKG: Waspadai Hujan Lebat Disertai Angin Kencang di Banjarnegara

BANJARNEGARA, (SuaraJateng.id) — Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika memprakirakan Kabupaten Banjarnegara, Kamis (21/02) akan mengalami hujan lebat disertai angin kencang terutama pada sore hingga malam hari.

“Warga agar mewaspadai hujan dengan intensitas lebat yang disertai angin kencang ,” kata Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara (BMKG Banjarnegara) Setyoajie Prayoedhi di Banjarnegara, Rabu (20/02).

Setyoajie menjelaskan, pada pagi hingga pukul 13.00 waktu setempat cuaca diprakirakan berawan, namun mulai pukul 13.00 hingga 19.00 diprakirakan berpotensi hujan dengan intensitas mulai dari ringan hingga lebat.

Kondisi demikian, lanjutnya, terjadi di hampir seluruh wilayah di Banjarnegara yakni dari Kecamatan Banjarmangu hingga Wanayasa.

Dia juga menambahkan, sejumlah wilayah di Provinsi Jawa Tengah lainnya juga berpotensi hujan dengan intensitas dan waktu yang bervariasi. Potensi hujan diprakirakan terjadi di wilayah Jateng Timur, Pantura, dan pesisir Selatan Jawa Tengah. Karena itu BMKG mengingatkan warga untuk selalu waspada dan meningkatkan kesiapsiagaan.

Dia menjelaskan masih cukup tingginya curah hujan dikhawatirkan meningkatkan potensi bencana alam seperti banjir, tanah longsor, hingga puting beliung.

“Kami mengingatkan masyarakat untuk tidak panik namun harus selalu waspada terhadap terjadinya bencana hidrometeorologis seperti banjir, tanah longsor, dan juga puting beliung,” paparnya.

Dia menambahkan, berdasarkan analisa curah hujan, pada dasarian I tanggal 1-10 Februari 2019, curah hujan di sebagian wilayah Kabupaten Banjarnegara dan kabupaten lain di sekitarnya pada umumnya memiliki curah hujan kriteria tinggi yakni sekitar 151 – 300 milimeter pada dasarian pertama.

Sementara pada dasarian II tanggal 11-20 Februari 2019, tambah dia, terjadi curah hujan dengan kategori menengah 76-150 milimeter

Sumber: Antara

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.