Sosialisasikan Hidup Sehat, KKN UNDIP Ajak Warga Desa Pesaren Batang ‘Senam Cerdik’

BATANG (SuaraJateng.id) — KKN mahasiswa Universitas Diponegoro baru-baru ini menggelar program pengabdian masyarakat berupa kegiatan senam sehat dengan tajuk Monday Sehat di Desa Pesaren, Warungasem, Batang.

‘Monday Sehat Desa Pesaren’ merupakan salah satu program pengabdian kepada masyarakat Desa Pesaren yang dilaksanakan oleh mahasiswa Tim I KKN Universitas Diponegoro 2019.

Kegiatan ini melibatkan Ibu-Ibu Rumah Tangga yang ada di yang ada di Desa Pesaren dan dilaksanakan di Balai Desa Pesaren.

“Senam CERDIK” merupakan tema dari kegiatan ini, yang dipandu oleh Rahayu Sitorus. Para peserta Monday Sehat Desa Pesaren terlihat bersemangat, kompak dan antusias dalam mengikuti serangkaian acara yang disusun oleh Rahayu Sitorus.

Acara dibuka oleh sambutan dari Timora Parulian Sinaga selaku koordinator Tim I KKN Universitas Diponegoro Desa Pesaren tepat pukul 09.00 WIB. Secara garis besar Timora Parulian Sinaga menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan minat Ibu-Ibu Rumah Tangga Desa Pesaren untuk senam secara rutin. Program Monday Sehat Desa Pesaren merupakan salah satu program monodisiplin dari mahasiswa UNDIP, Rahayu Sitorus.

Rahayu sebagai pemateri pada diskusi ini mengingatkan kembali dan mengajak para Ibu-Ibu Rumah Tangga untuk menyadari betapa pentingnya melakukan aktivitas fisik secara rutin.

Dalam diskusi, pemateri memaparkan jenis-jenis aktivitas fisik, manfaat aktivitas fisik dan dampak dari kurang melakukan aktivitas fisik. Latar belakang kegiatan ini adalah karena banyak ibu-ibu rumah tangga di Desa Pesaren yang mengalami obesitas dan hipertensi, sehingga perlu ada program pemberdayaan kepada ibu-ibu rumah tangga untuk senantiasa menjaga aktivitas fisik seperti olahraga teratur agar terhindar dari obesitas dan hipertensi.

Terlihat Ibu-ibu Rumah Tangga sangat antusias mengikuti kegiatan yang diinisiasi dari Tim I KKN Mahasiswa UNDIP ini. Mereka terlihat sangat senang dalam mengikuti sosialisasi program dan simulasi senam yang diinstruksikan oleh instruktur senam CERDIK. Kegiatan ini ditutup dengan adanya simulasi senam CERDIK yang diikuti semua peserta.

Acara ini turut pula dihadiri istri Kepala Desa Pesaren selaku Ketua PKK Desa Pesaren. Beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat membantu menambah wawasan Ibu-Ibu Rumah Tangga Desa Pesaren.

“Saya sangat berterimakasih kepada mas dan mbak KKN yang sudah mau berbagai ilmu kepada Ibu-ibu Rumah Tangga yang ada di desa kita ini, harapannya makin menambah minat Ibu-Ibu Rumah Tangga untuk rajin melakukan senam CERDIK secara rutin”, tandasnya.[NZ]

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.