Rayakan Milad, RS PKU Muhammadiyah Solo Gelar Pengobatan Gratis

SOLO, Suarajateng.id -Milad Muhammadiyah ke-109 di Solo mengukuhkan persyarekatan Muhammadiyah sebagai penolong kesengsaraan ummat. Hal itu ditunjukan dengan pengobatan gratis bagi kaum dhuafa di Kampung Losari Kelurahan Semanggi Kecamatan Pasar Kliwon, Solo, Ahad (11/11).

Ratusan warga tampak mengikuti kegiatan pengobatan gratis yang diselenggarakan di Lapangan Futsal Losari itu. Tujuh bilik periksa yang disediakan untuk melayani para pasien. Bahkan dokter spesialis turut diterjunkan untuk memberikan pelayanan gratis.

Pengobatan gratis ini juga tak disia-siakan oleh Gatot (60). Warga Losari, Kelurahan Semanggi, Kecamatan Pasar Kliwon ini mengeluhkan sakit, karena ada riwayat gula darah dan kolestrol tinggi. Bagi pemegang kartu BPJS ini pengobatan gratis yang di berikan PKU Muhammadiyah sangat bermanfaat, sebab ia tak perlu jauh jauh ke rumah sakit dan menunggu antrian panjang.

“Ini sangat bermanfaat, nggak perlu jauh-jauh ke rumah sakit dan antri lama. Dan di sini juga diberi obat gratis,” ujar buruh srabutan itu, Ahad (11/11/2018)

Warga lainnya, Yono (60), juga memanfaatkan layanan pengobatan gratis yang diselenggrakan PKU Muhammadiyah Solo dalam rangka Milad Muhammadiyah ke-109. Ia menuturkan, bahwa ia memiliki riwayat vertigo. Pria yang juga bekerja sebagai buruh serabutan ini mengaku tidak memiliki kartu jaminan kesehatan, sehingga untuk berobat butuh biaya yang menurutnya tidak sedikit.

“Alhamdulillah dengan adanya pengobatan gratis ini saya bisa berobat dan nggak perlu keluar biaya,” ujarnya

Sementara itu, Ketua Panitia kegiatan, Bekti Suharto, mengatakan kegiatan Pengobatan Gratis yang digelar pihaknya merupakan rangkaian dari acara Milad Muhammadiyah ke-109 dan Milad RS PKU Muhammdiyah ke-91. Kegiatan ini sekaligus memperingati Hari Kesehatan Nasional.

Pengobatan Gratis ini menyasar warga di tiga RW dan 18 RT yang ada di kampong Losari, Kelurahan, Semanggi Kecamatan Pasar Kliwon.  Sebelumnya, panitia telah membagikan 250 kupon berobat gratis dalam rangka Milad Muhammadiyah ke-109

Kampung Losari, Kelurahan Semanggi, Kecamatan Pasar Kliwon dipiliuh menjadi sasaran pengobatan gratis dengan beberapa alasan. Secara demografis, kampong losari merupakan kampong yang dinilai paling luas di kelurahan Semanggi. Kelurahan Pasar Kliwon, khusus kampong Losari merupakan kawasan padat penduduk dan masih banyak kaum dhuafa.

“Sehingga menurut kami sangat tepat jika pengobatan gratis dalam rangka Milad Muhammadiyah ke-109 diselenggarakan di sini untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat,” tuturnya

PKU Muhammadiyah
Saat ini, di Solo terdapat dua RS PKU Muhammadiyah, masing-masing berlokasi di Jalan Roggowarsito dan Sampangan. pihaknya berharap masyarakat terus mempercayakan layanan kesehatan kepada RS PKU Muhammadiyah Solo.

Ia mengungkapkan kepercayaan masyarakat terhadap RS PKU Muhammadiyah sudah tinggi. Hal ini dlihat dari data pasien berobat ke RS PKU di Jalan Ronggowarsito maupun Sampangan yang terus mengalami peningkatan. Peningkatan ini dinilai merupakan dampak dari kulitas layanan rumah sakit maupun program pengobatan gratis dan pengabdian masyarakat lainnya oleh PKU Muhammadiyah.

“Pengobatan gratis ini merupakan agenda rutin tahunan milad muhammdiyah dan PKU Muhammdiyah. Masyarakat sangat antusias meskipun sudah ada BPJS, kami juga berharap masyarakat mempercayakan pelayanan kesehatannya untuk periksa atau opname ke PKU Muhammadiyah,” Suharto

Ketua Tim dokter dalam kegiatan tersebut, dr. Oktora menambahkan, pada kegiaan tersebut pihaknya menerjunkan delapan dokter umum, dua dokter spesialis dan sejumlah paramedis. Pasien yang datang di dominasi oleh usia lansia .

“Yang dikeluhkan itu penyakit-penyakit degenerative, seperti hipertensi, dan jantung yang paling banyak,” ujarnya

Selain pengobatan gratis, sejumlah kegiatan juga bakal dihelat dalam rangka Milad Muhammdiyah ke-109 dan Milad RS PKU Muhammdiyah ke-91.  Rencananya pada 25 November 2018 digelar gerak jalan di RS PKU  Muhammadiyah. Kegiatan ini terbuka bagi masyarakat umum. (arief)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.