Universitas PGRI Semarang Sebarkan ‘Virus’ Wirausaha, Peserta Seminar dapat Modal dan Pelatihan

Semarang, (Suarajateng.id)- Koperasi Mahasiswa Universitas PGRI Semarang menggelar seminar nasional kewirausahaan di Gedung Balairung Universitas PGRI Semarang (UPGRIS),Sabtu (13/10).  Seminar bertajuk  “Digital Entrepreneur di Era Milenial dan Program Inkubator Wirausaha” tersebut merupakan kerja sama antara Kemenkop dan UKM dengan UPGRIS dalam pengembangan kewirausahaan.

Deputi Pengemangan SDM Kementerian Koperasi dan UKM, Rully Nuryanto mengatakan, UPGRIS dipilih sebagai tempat pelatihan kewirausahaan dengan sejumlah pertimbangan. Salah satunya, UPGRIS berhasil mendidik mahasiswanya menjadi wirausaha.

“Sedikitnya ada enam mahasiswa yang mendapatkan bantuan untuk pengembangan modal usaha melalui program Wirausaha Pemula (WP) dari Kemenkop,” ujarnya

Usai seminar pihaknya langsung bantuan bantuan pelatihan wisara usaha selama tiga hari.  , Kemenkop dan UKM juga mewadahi mereka yang menerima bantuan hibah dalam inkubator bisnis.

“Jadi selain memberikan bantuan modal usaha, mereka juga akan menjalani inkubasi bisnis , dilatih untuk menjadi wirausahawan yang unggul,” imbuhnya

Seminar ini di ikuti sebanyak 1.394 orang. Antara lain mahasiswa Universitas PGRI, Koerasi Mahasiswa se Jateng, peserta lomba cerdas cermat (LCC), peserta business plan, para wirausaha peserta inkubator bisnis dan mahasiswa dari universitas lain.

Dr Muhdi SH, M.Hum, Rektor UPGRIS mengatakan, seminar ini merupakan agenda rutin tahunan untuk menasionalisasikan ‘virus’ koperasi dan kewirausahaan kepada mahasiswa baru UPGRIS. Selain itu juga dalam rangka serta menumbuhkan semangat wirausaha baru sejak dini. Sehingga mahasiswa dapat tumbuh menjadi insan mandiri  disamping kewajiban menunaikan studi.

“Kami ingin agar mahasiswa tumbuh menjadi mahasiswa yang mandiri, memiliki semangat riwa usaha dalam membangun bangsa,” ujarnya

Dr Muhdi menambahkan, sebelunya UPGRIS juga telah melakukan rangkaian kegiatan, diantaranya lomba LCC dan business plan tingkat SMA/SMAK se-Jawa Tengah. SMKN 1 Salatiga berhasil menjadi  Pemenang LCC dan Bussiness Plan terbaik. (Ibda/Arief)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.